Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

X

Profit setiap hari

Membuat Huruf Unik dan Menarik di Blog/Web

Pada saat melihat sebuah website atau blog, kalau kita perhatikan pada tipe hurufnya, rata-rata hampir sama. Hal ini terjadi karena tidak semua huruf di support oleh komputer user, dan membuat para pendesign membuat desain website menggunakan huruf yang umum.  Apabila menggunakan huruf yang "aneh" dan tidak disupport oleh komputer user maka layoutnya akan berantakan.
Tetapi sekarang ada cara untuk menggunakan huruf yang menarik di website kita. Sekalipun huruf tersebut termasuk kategori aneh, tidak umum atau belum tentu tersedia di semua komputer user.
Caranya adalah kita memanfaatkan huruf yang tersedia dan tersimpan secara online dengan menggunakan API atau Application Programming Interface. Dan penyedia huruf untuk website yang memiliki API sekaligus merupakan open source, dan dapat bekerja di sebagian browser adalah Google Font API.
Karena open source, kita tidak perlu membayar untuk menggunakan huruf-huruf menarik yang disediakan oleh Google Font API.
Google menyediakan Google Font Directory yang memungkinkan kita untuk melihat, preview, mendownload atau mengcopy kodenya untuk kita pasang di website kita. Kita dapat menambahkan kode tersebut ke dalam website kita dengan mudah tanpa perlu kemampuan programmer tingkat tinggi.
Berikut beberapa preview huruf yang tersedia :
 

Menarik bukan...

Berikut langkah-langkah pemasangannya di website :
  1. Tambahkan link stylesheet yang merujuk ke huruf yang kita inginkan. Misal :<link href='http://fonts.googleapis.com/css?family=Ruslan+Display' rel='stylesheet' type='text/css'>
  2. Tambahkan style pada elemen yang ingin kita rubah hurufnya. Misal :Judul { font-family: 'Ruslan Display', arial, serif; } atau<span style="font-family: 'Ruslan Display';font-size: 40px;">Tes Huruf Menarik</span>

2 komentar untuk "Membuat Huruf Unik dan Menarik di Blog/Web"

  1. hoalah mas-mas,
    gara-gara ikla mas tidak bisa di baca tuh,tolong di alihin kesebelahmsupaya ga ngeganggu pembaca.

    BalasHapus
  2. thank's info'x sob..
    bermanfaat sekali bagi saya..

    BalasHapus
INCOME BLOGGER
Profit Blogger